STT Amanat Agung Repository

Hamba Tuhan yang Menderita dalam Kitab Yesaya dan Penggenapannya dalam Perjanjian Baru (Suatu studi Eksegesis Yesaya 52:13-53:12)

Show simple item record

dc.provenance Jakarta
dc.contributor.advisor Kian Holik
dc.contributor.author Edi Tadius
dc.date.accessioned 2022-12-07T03:53:24Z
dc.date.available 2022-12-07T03:53:24Z
dc.date.issued 2004-10-14
dc.identifier.uri https://repository.sttaa.ac.id/xmlui/handle/123456789/238
dc.description Antara Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru terdapat sebuah benang merah yaitu "Sejarah Keselamatan." Tema inilah yang menjadi penghubung antara kitab-kitab baik di dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Rencana keselamatan ini Allah berikan, karena manusia telah jatuh ke dalam dosa dan tidak mampu lepas dari belenggu dosa. Rencana keselamatan dari Allah tersebut sudah terlihat dalam Kejadian 3:15: "Aku akan mengadakan permusuhan antara engkau dan perempuan ini, antara keturunanmu dan keturunannya; keturunannya akan meremukkan kepalamu, dan engkau akan meremukkan tumitnya." Ayat ini oleh para ahli disebut ''proto-evangelium" (Injil Pertama), sebab mereka percaya bahwa "keturunan" yang dimaksudkan di sini menunjuk kepada Kristus dan kemenangan-Nya atas iblis. Sejak manusia jatuh ke dalam dosa, manusia hidup terpisah dengan Allah dan cenderung untuk melakukan kejahatan. Karena itu, Allah mengirim air bah untuk melenyapkan manusia dari muka bumi. Namun tidak semua manusia dibinasakan sebab Nuh dan keluarganya diselamatkan oleh Tuhan (Kej. 7). Peristiwa ini menunjukkan meskipun manusia sudah jatuh ke dalam dosa, namun Allah tetap mengasihi manusia dan menghendaki agar manusia kembali kepada-Nya. Di dalam Kejadian 9, Allah bahkan mengikat perjanjian dengan Nuh, bahwa Dia tidak akan menghukum dengan air bah lagi (Kej. 9:11).
dc.publisher STT Amanat Agung
dc.subject Hamba Tuhan
dc.subject Menderita
dc.subject Kitab Yesaya
dc.subject Perjanjian Baru
dc.title Hamba Tuhan yang Menderita dalam Kitab Yesaya dan Penggenapannya dalam Perjanjian Baru (Suatu studi Eksegesis Yesaya 52:13-53:12)
dc.type Skripsi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi
    Skripsi Mahasiswa STT Amanat Agung (Undergraduate theses by STTAA students)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account