dc.description.abstract |
Tesis ini membahas tentang pendidikan Kristen untuk pembentukan karakter nara didik serupa Kristus lewat penumbuhan nilai. Saat ini tampak nyata bahwa nara didik sedang mengalami krisis karakter. Pendidikan yang dipandang gagal dalam membentuk dan menghasilkan nara didik berkarakter mulia menunjukkan ada yang salah dalam sistem pendidikan sekolah. Sekolah Kristen dalam menyelenggarakan pendidikan Kristen hanya berorientasi pada pembelajaran dalam ranah kognitif akibatnya nara didik hanya belajar menghafal dan pengetahuan yang diajarkan tidak terhubung dalam kehidupan sehari-hari nara didik. Permasalahan tersebut perlu untuk dijawab oleh sekolah Kristen berdasarkan pandangan Alkitab. Sekolah Kristen perlu memiliki pemahaman akan konsep karakter dalam perspektif teologi Kristen sehingga dapat merekonstruksi upaya pembentukan karakter nara didik serupa Kristus. Upaya pembentukan karakter serupa Kristus hendaknya membantu nara didik mengalami persekutuan dengan Allah. Pola pembelajaran nilai Kristen harus didesain sampai pada penumbuhan nilai dalam diri nara didik dengan memfasilitasi pola pembelajaran yang menyentuh tiga ranah belajar yaitu kognitif, afektif dan psikomotorik. Pendidikan Kristen dalam orientasi penumbuhan nilai Kristen harus merancang pendidikan holistik demi tercapainya pembentukan karakter nara didik serupa Kristus. Pendidikan Kristen yang holistik melibatkan seluruh komponen pendidikan yaitu kurikulum, tujuan pembelajaran, guru, lingkungan holistik dan nara didik. |
|