dc.description |
Pelayanan kaum muda merupakan sebuah bentuk pelayanan yang penting dan potensial. Bukan
hanya penting dan potensial, tetapi juga menjadi hal yang sangat serius. Karena demografi
pertumbuhan populasi dunia menunjukkan sepertiga penduduk dunia adalah orang-orang muda.
Populasi dunia telah mencapai 6 milyar menurut data tahun 1999. Dan itu berarti sekitar 2 milyar
penduduk dunia ini adalah orang muda di bawah usia 20 tahun.20 Mengingat besarnya ladang dan massa, maka tentu siapapun yang terlibat dalam pelayanan ini sudah seharusnya memiliki strategi
yang tepat dalam menjangkau dan mengembangkannya. Dalam sejarah pelayanan kaum muda, kelompok kecil merupakan metode/strategi pelayanan yang
cukup mendominasi. Bahkan secara umum sering dikatakan bahwa sepanjang sejarah pergerakan
pelayanan mahasiswa di berbagai belahan dunia, pemuridan dalam kelompok kecil selalu menjadi
motor penggerak dan merupakan ciri khusus. Demikian juga yang terjadi pada gereja. Secara umum
gereja pun melihat dan menyadari bahwa kelompok kecil merupakan pola pelayanan yang efektif,
bukan hanya berdampak pada pertumbuhan gereja secara kuantitas, tetapi juga meningkatkan
pertumbuhan jemaat secara kualitas, dalam hal ini tentunya terkait dengan pertumbuhan rohani.
Secara khusus terhadap pelayanan kaum muda di gereja, kelompok kecil menjadi metode yang
tepat untuk menerapkan nilai-nilai kehidupan Kristen, seperti persekutuan, pemuridan, penginjilan
dan pelayanan. Hal ini menyebabkan terjadinya pergeseran paradigma dan pemaknaan terhadap
kelompok kecil dalam pelayanan gereja. Kelompok kecil bukan hanya dilihat sebagai sebuah atau
salah satu program di antara begitu banyak program lain, tetapi sudah banyak gereja menetapkan
kelompok kecil sebagai wahana utama (primary means) yang tidak kalah penting dibandingkan
dengan pertemuan besar (large meeting). Demikian juga dengan parachurch yang bergerak dalam
pelayanan sekolah/kampus, sampai hari ini tidak pernah merasa bahwa strategi kelompok kecil
tidak lagi efektif dalam pelaksanaannya. |
en_US |