Abstract:
Skripsi ini berjudul “Pembentukan Karakter Kristen bagi Remaja dengan Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Pengalaman.” Masa remaja merupakan masa transisi, yang seringkali membawa remaja mengalami krisis karakter yang terlihat dari fenomena dan kasus-kasus kenakalan dan kejahatan yang remaja lakukan. Oleh karena itu, pembentukan karakter menjadi solusi bagi masalah krisis karakter yang dialami oleh remaja. Skripsi ini menawarkan sebuah pendekatan yang relevan dalam upaya pembentukan karakter pada diri remaja, yakni experiential learning. Pendekatan ini menawarkan model pembelajaran yang memberi kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat secara aktif untuk mengalami sendiri apa yang dipelajari, dan merefleksikan pengalaman itu, kemudian menyusun konseptualisasi abstrak dan melakukan eksperimen secara aktif. Melalui empat tahapan tersebut, remaja dapat membangun makna atas seluruh proses pembelajaran yang berlangsung. Makna baru yang diperoleh, akan menjadi landasan bagi tindakan yang akan diterapkan dalam kehidupan. Dalam konteks pembentukan karakter, pendekatan ini membantu remaja untuk memahami karakter yang dipelajari dengan mengalaminya sendiri, kemudian merefleksikannya dan membangun makna melalui tahap konseptualisasi abstrak yang kemudian akan terinternalisasi dalam diri remaja melalui tindakan-tindakan yang dilakukan.