Abstract:
Proyek akhir ini bertujuan untuk mengkaji pembangunan spiritualitas guru-guru Kristen melalui disiplin membaca Alkitab di PAUD Pelangi Kasih Damoci. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Partisipan penelitian ini terdiri dari tiga responden guru Kristen yang aktif mengajar di PAUD Pelangi Kasih Damoci. Data dikumpulkan melalui kuesioner evaluasi program membaca Alkitab dan wawancara mendalam, dan analisis data. Hasil penelitian dengan disiplin program pembacaan Alkitab selama satu setengah tahun memperlihatkan adanya pembangunan spiritualitas yang sangat tinggi pada aspek relasi yang baik dengan Tuhan, semakin yakin akan keselamatan, berpegang pada ajaran Alkitab, memiliki tujuan hidup yang jelas, memiliki relasi yang baik dengan sesama makhluk hidup dan aspek berpikir positif. Sedangkan pembangunan spiritual guru Kristen yang tinggi ada pada aspek dipimpin oleh Roh Kudus, memiliki kehidupan yang berpusat pada Allah, memiliki keyakinan kepada Allah yang diimani dan menjaga kekudusan hidup. Aspek tersebut dapat ditingkatkan lebih optimal dengan merancang desain pengembangan pada program membaca Alkitab yang baru. Temuan ini memberikan kontribusi penting memahami pentingnya disiplin pembacaan Alkitab untuk meningkatkan pembangunan spiritualitas guru-guru Kristen di institusi pendidikan.