STT Amanat Agung Repository

Kajian Pendidikan Kristen tentang Berpikir Reflektif sebagai Aspek Transformatif dalam Proses Pertobatan

Show simple item record

dc.provenance Jakarta
dc.contributor.advisor Astri Sinaga
dc.contributor.author Angelica Theresia Sryana
dc.date.accessioned 2025-11-25T03:57:39Z
dc.date.available 2025-11-25T03:57:39Z
dc.date.issued 2025-10-30
dc.identifier.uri https://repository.sttaa.ac.id/xmlui/handle/123456789/745
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penjelasan tentang berpikir reflektif sebagai aspek transformatif dalam proses pertobatan dari sudut pandang pendidikan Kristen. Latar belakang penelitian ini berangkat dari keyakinan bahwa pendidikan Kristen tidak hanya berorientasi pada penyampaian pengetahuan, tetapi juga pada perubahan hidup yang holistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa pendidikan Kristen perlu memberikan ruang yang secara intensional mendorong proses pertobatan, memberikan penjelasan teologis tentang proses pertobatan dan peran berpikir reflektif di dalamnya, serta menawarkan strategi untuk menumbuhkan refleksi kritis yang dapat mendorong pertobatan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan menelaah sumber-sumber teologis, literatur pendidikan Kristen, dan teori pembelajaran transformatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berpikir reflektif merupakan sarana penting dalam membantu seseorang menyadari kondisi rohaninya, menilai kembali relasi dengan Allah, dan menumbuhkan kesadaran untuk berubah. Pendidikan Kristen yang sejati harus menyediakan ruang yang mencakup dimensi fisik, sosial, emosional, dan spiritual agar peserta didik dapat mengalami transformasi secara holistik. Strategi yang dapat diterapkan antara lain: mengajukan pertanyaan yang memunculkan dialog reflektif, menciptakan pengalaman belajar yang intensional, menyediakan ruang hening untuk refleksi, serta menulis jurnal reflektif. Strategi-strategi ini menolong peserta didik menginternalisasi pengetahuan dan pengalaman, sehingga melahirkan pemaknaan baru, kesadaran akan dosa, dan komitmen hidup yang lebih dekat dengan Allah. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher STT Amanat Agung en_US
dc.subject Pendidikan Kristen en_US
dc.subject Berpikir Reflektif en_US
dc.subject Proses Pertobatan en_US
dc.title Kajian Pendidikan Kristen tentang Berpikir Reflektif sebagai Aspek Transformatif dalam Proses Pertobatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

  • Skripsi
    Skripsi Mahasiswa STT Amanat Agung (Undergraduate theses by STTAA students)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account