Abstract:
Cara-cara pembelajaran yang berbasis informasi/kognitif sudah terlalu umum dan sudah banyak dilakukan. Penulis tertarik dengan fungsi seni yang bisa memantik imajinasi untuk mendifusi pemahaman-pemahaman yang bisa langsung menyentuh hati atau afeksi murid karena lagu memiliki daya jangkau yang melebihi aspek kognitif, sehingga punya potensi besar untuk mengajarkan kebenaran secara holistik. Inilah yang melatarbelakangi Penulis melakukan penelitian mengenai pengaruh lagu himne terhadap pemahaman doktrin Kristen murid SMAK IPEKA Balikpapan. Lagu himne memiliki nilai teologis yang kuat sehingga dapat membuat doktrin Kristen lebih mudah diingat. Penulis menggunakan metode penelitian eksperimen dengan one-group pretest-postest design yang merupakan suatu kelompok eksperimen (tanpa kelompok kontrol) yang diberikan pre tes, perlakuan, kemudian post tes untuk mengukur perlakuan tersebut dan adapun teknis analisis data memakai uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre tes dan post tes setelah dilakukan perlakuan/intervensi sehingga kesimpulannya adalah pemberian lagu himne berpengaruh secara signifikan terhadap pemahaman doktrin Kristen murid. Dengan demikian terbukti bahwa pengajaran melalui lagu memiliki impact terhadap pemahaman murid tentang doktrin Kristen.