Abstract:
Vokasi adalah ekspresi dari aspek vertikal maupun horizontal orang percaya
dalam menjalani kehidupannya di dalam dunia. Pekerjaan adalah salah satu
wujud dari vokasi. Kegagalan memahami vokasi berdampak dalam praktik
keseharian. SKKK Medan adalah sekolah Kristen yang telah 54 tahun
memberikan dampak bagi masyarakat kota Medan dan terus berupaya
melakukan pengembangan dari segi kualitas meliputi profesionalitas dan
integritas. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui, menganalisa dan
menemukan kendala dalam pemahaman vokasi dari guru yang mengajar di
SKKK Medan yang berdampak pada kualitas mengajar mereka. Penelitian
dilakukan dengan menggunakan metode Evaluasi pendekatan kualitatif yakni
pengamatan pasif (observasi) dan wawancara. Dari hasil analisis dibuatlah
program formasi vokasi yakni rancangan yang dapat menolong para leader
dan guru dalam memahami vokasi dan mewujud nyatakannya dalam realita
kehidupan. Rancangan ini dinamakan BLAST (Believe, Learn And Seek Truth).